April 14, 2024
Home ยป Bupati Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pilpres dan Pileg

Muara Enim, kabarkata.com – Jelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD, DPR RI, dan DPD di Kabupaten Muara Enim. Pemerintah Kabupaten Muara Enim dipimpin bupati Ir H Ahmad Yani MM menggelar rapat koordinasi bersama unsur Muspida, OPD, penyelenggara pemilu, dan pengawas pemilu.

Acara ini dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Ir H Hasanudin, dihadiri wakil bupati H Juarsah SH, Kapolres AKBP Afner Juwono SIK , Dandim 0404 Letkol Inf Syafruddin, DPRD, ketua KPUD Ahyaudin SE, Ketua Bawaslu Suprayitno, serta seluruh camat.

Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM mengatakan, rapat koordinasi ini dalam rangka menyatukan visi misi semua pemangku kepentingan sesuai tugas masing-masing dalam rangka mensukseskan Pilpres dan Pileg 17 April mendatang.

“KPUD selaku pelaksana tugas demokrasi supaya lancar dan sukses. Kami bersama siap mendukung pelaksanaan ini. Harapan kita tingkat partisipasi pemilih tahun ini meningkat. Terakhir tahun 2018 partisipasi pemilih 73 persen. Harapan kita tahun 2019 bisa meningkat mencapai 80 persen sesuai target KPUD,”ungkap Ahmad Yani, saat memimpin acara tersebut kemarin di Gedung Bappeda Pemda Muara Enim kemarin.

Seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkup Kabupaten Muara Enim diharapkan berada di tempat tugas masing-masing hingga selesai pelaksanaan Pileg mendatang. Ahmad Yani juga meminta kepada seluruh camat untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayahnya guna mensukseskan pelaksanaan pemilu.

“Kami berharap kepada camat bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk mendatangi TPS pada 17 April nanti, serta menjaga keamanan TPS bekerjasama dengan pemangku kepentingan di wilayah masing-masing,”kata Yani.

Sementara itu, pihak KPUD Muara Enim melalui Ketua Ahyaudin SE menjelaskan terkait kesiapan menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun ini. Secara teknis, persiapan bisa dilaksanakan sesuai dengan tata cara dan jadwal yang ada. Namun, pihak KPUD mengalami kendala kekurangan surat suara untuk DPD, serta surat suara di DPRD.

“Surat suara yang kurang sudah kami laporkan, dan informasinya tanggal 11 ini ada pencetakan di pusat. Untuk jadwal distribusi logistik ke TPS tentatif, namun kami menargetkan tanggal 16 nanti semauanya sudah sampai di TPS masing-masing,”terang Ahyaudin.(eko)